Wartawan : Roni Pasrah

Pasaman Barat, SindoNews.id - Arlan Zein Dt Sinaro Mangkuto dan H. Kusnadi Dt Rajo Batuah diresmikan pengukuhannya sebagai Ketua dan Wakil Ketua KAN Nagari Sasak Kecamatan Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Periode 2022 - 2027, di Kantor KAN Sasak, Rabu (2/3/2022).

Pengukuhan Ketua KAN yang baru itu setelah habisnya masa jabatan Ketua KAN yang lama Yusman Zein Dt Sinaro Mangkuto. Setelah itu dilakukan pemilihan Ketua KAN oleh 8 ninik mamak ke Nagarian Sasak.

"Akhirnya Arlan Zein dipercaya ninik mamak untuk memegang tongkat estapet KAN Nagari Sasak lima tahun kedepan, setelah Yusman Zein menyerahkan gelar sako kaum (datuak) kepada saudaranya  Arlan Zein," ujar Sekretaris Panitia Peresmian, Iwen Suganda, usai pengukuan atau peresmian Arlan Zein sebagai Ketua KAN Sasak.

Dikatakan Iwen, pengukuhan dan peresmian Ketua KAN Nagari Sasak yang baru sudah sesuai mekanisme dan Perda Nomor 6 Tahun 2018.

"Keputusan ninik mamak untuk memilih Arlan Zein Dt Sinaro Mangkuto sebagai Ketua KAN, sudah berdasarkan musyawarah dan mufakat. Ini disebutkan dalam falsafah adat Minangkabau 'Saciok Ba Ayam Sadanciang Bak Basi," ujarnya.

"Selamat atas diresmikan pengurus KAN yang baru. Semoga dapat bersama-sama membantu dan mensinergikan kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Pasaman Barat," ujar Iwen.

"Mari kita membangun Nagari Sasak ini kedepannya agar lebih baik lagi," tegas Iwen.

Wakil Ketua KAN terpilih H. Kusnadi Dt Rajo Batuah mengatakan, keberadaan pengurus KAN Nagari Sasak yang telah terbentuk, diharapkan dapat menjadi wadah bagi ninik mamak dan para pemangku adat dalam membina, mengayomi dan menyelesaikan urusan anak kemenakan, baik dalam kaumnya terlebih antar kaum di tengah masyarakat.

"Kita juga berharap akan terbangun sinergisitas dalam mendukung pembangunan antara seluruh pengurus KAN  dengan seluru pihak di Pasaman Barat," ujar H. Kusnadi.
Dijelaskannya, niniak mamak, anak kemenakan dan tokoh-tokoh masyarakat harus mampu menjaga kearifan lokal yang ada di Nagari Sasak.

 "Peran niniak mamak tidak hanya mendidik dan menjaga anak kemenakan tapi ikut serta menjaga segala sesuatu yang ada nagari termasuk potensi-potensi alamnya," ucapnya.

Ketua KAN Sasak terpilih, Arlan Zein Dt Sinaro Mangkuto mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada panitia yang telah menyelenggarakan peresmian pengurus ini.

"Atas nama pengurus KAN yang baru, kami mohon bimbingan dan saran dari pengurus yang lama untuk memajukan dan membimbing anak kemenakan yang ada di Nagari Sasak ini," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris LKAAM Pasbar H.Tuanku Asrul SE MH Yang Dipertuan Kinali menegaskan, pengangkatan Arlan Zein sebagai Ketua dan H. Kusnadi Dt Rajo Batuah sebagai Wakil Ketua KAN Sasak sudah tepat, asalkan sesuai mekanisme dan Perda yang berlaku.

Dijelaskan Tuanku Asrul, KAN berperan sebagai lembaga permusyawaratan tertinggi di Nagari, 'malonjak ndak tasondak, malenggang ndak tapampe, naik tahan bandiang, maninjau tahan kosasi. Setiap keputusan adalah inkrah karena menyakut hukum adat.

Untuk itu, kepada pengurus KAN yang baru ini, harus mampu menjalin kerja sama dan menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi antara anak kemenakan.

"Bak kato pepatah adat, Ayam bainduak sarai baumpun. Segala permasalahan yang terjadi diantara anak kemenakan harus mampu diatasi dan diselesaikan," imbaunya.

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: