Jakarta, SindoNews.id - Moment libur nasional Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Senin (28/2/2022) terpantau normal untuk keberangkatan penumpang kereta api (KA) dari Daop 1 Jakarta ke berbagai tujuan.

Tercatat sekitar 3.200 penumpang atau 34% untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 26 KA. Sedangkan dari Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 3.800 penumpang atau 33% untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 20 KA.

Sementara, Sabtu-Minggu (27-28/02/2022) terpantau normal dengan rata-rata keterisian TD sekitar 25s/d35 persen, sehingga masih terdapat ketersediaan TD bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA jarak jauh ke berbagai tujuan.

Stasiun Cikarang juga melayani KA jarak jauh. Saat ini terdapat 5 KAJJ yang berhenti di Stasiun Cikarang untuk melayani naik-turun penumpang diantaranya :

  1. KA Gumarang relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi
  2. KA argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung
  3. KA Brantas relasi Pasar Senen-Blitar
  4. KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng
  5. KA Sembrani relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi 

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang yang akan menggunakan layanan KAJJ untuk memperhatikan kembali ketentuan dan persyaratan naik KA di masa pandemi. 

Adapun saat ini ketentuan dan persyaratan naik KA mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) Nomor 97 tahun 2021. Dengan ketentuannya antara lain : 

  • Penumpang usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama) kecuali penumpang yang belum dapat divaksin karena alasan medis wajib memiliki surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah/dokter spesialis untuk pengganti vaksin
  • Seluruh penumpang (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) dengan hasil negatif
  • Perjalanan penumpang anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua

Untuk layanan antigen di area Daop 1 Jakarta ada di 6 lokasi yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. 

PT KAI Daop 1 Jakarta senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi KA. 

Komitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang sehat juga terus dilakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung. 

Sedangkan bagi calon penumpang yang akan melakukan pemesanan tiket KA dapat menggunakan Aplikasi KAI Access, website kai.id atau channel penjualan resmi lainnya. 

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Social media @keretaapikita @kai121_

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: