Wartawan : Roni Pasrah

Pasaman Barat, SindoNews.id - Jorong Timbo Abu, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, yang berada di pinggang Gunung Talamau, merupakan kejorongan yang terdampak cukup parah akibat gempa bumi yang terjadi 25 Februari 2022 lalu. 

Di daerah ini hampir seluruh rumah warga roboh dan rusak, ditambah sulitnya akses jalan menuju ke daerah tersebut membuat kejorongan ini kurang tersentuh informasi ke dunia luar.

Sabtu, 6 Maret 2022 kemaren, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengunjungi langsung wilayah kejorongan Timbo Abu tersebut di sela-sela kesibukannya di posko utama. 

Bupati Hamsuardi menggunakan kendaraan off-road untuk menembus jalan menuju posko pengungsian warga di Jorong Timbo Abu.

Dengan perjalanan darat yang luar biasa berat medannya, beliau sangat antusias bisa melihat langsung kondisi warga Timbo Abu. 

Sepanjang perjalanan terlihat bagaimana raut kesedihan Bupati melihat perjuangan menuju daerah terdampak gempa itu. Susahnya akses jalan juga menjadi penghambat pendistribusian bantuan logistik ke daerah tersebut.

Menjelang waktu magrib Bupati  beserta rombongan sampai di Posko Pengungsian Timbo Abu. Orang nomor satu di Pasbar itu menatap sedih melihat kondisi rumah-rumah warga yang roboh dan tidak bisa dihuni lagi.

"Ya Allah, sungguh dahsyat cobaanMu untuk kami terutama saudara kami di Timbo Abu ini," ujar Hamsuardi dengan mata berkaca-kaca.

Saat memasuki tempat pengungsian, Bupati Hamsuardi langsung disambut warga yang berada di tenda-tenda pengungsian yang berjumlah sekitar 60 orang.

Setelah bercengkrama dengan warga sepanjang tenda, Bupati langsung melanjutkan kegiatan shalat magrib berjamaah di tenda yang dijadikan mushala darurat.

Setelah shalat magrib, Bupati melanjutkan temu ramah dengan warga pengungsian tersebut.

"Malam ini saya baru bisa sampai ke Timbo Abu, maafkan saya yang terkesan terlambat kesini, tapi pahamilah kondisi saya yang mempunyai banyak kesibukan di Posko utama dalam menyambut tamu seperti menteri dan pejabat negara, Provinsi dan daerah lainnya yang datang memberikan bantuan ke wilayah kita," ujarnya.

Kemarin lanjutnya, saya baru rapat di Provinsi dan Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan beras dari Provinsi sebanyak puluhan ton, ini semua demi kita bersama.

Ia menegaskan, walaupun saya belum datang ke Timbo Abu, namun para pejabat Pemkab Pasbar sudah sering datang ke daerah ini, untuk mewakili Bupati. Mari kita sama-sama bersatu dalam menghadapi musibah ini.

"Terimakasih atas bantuan seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, kedepannya saya bersama jajaran akan melakukan langkah-langkah konstruktif dalam menghadapi proses rekonstruksi pasca bencana di Pasaman Barat termasuk di Timbo Abu ini," ucapnya.

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: