Wartawan : Roni Pasrah

Pasaman Barat, Sindonews.id - Gempa bumi bermagnitudo 6.1 yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang terjadi pada Jumat (27/02/2022) pagi hari telah menimbulkan kerusakan dan memakan korban jiwa. 

Gempa bumi yang berpusat di 0,14 derajat LU dan 99,94 derajat BT pada kedalaman 10 kilometer itu juga dirasakan di Kabupaten Pasaman, Lima Puluh Kota, dan Agam. Gempa bumi susulan juga terus menerus terjadi hingga hari ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi beberapa titik lokasi yang parah terdampak gempa bumi di daerah tersebut.

Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M mendampingi Menko PMK Muhadjir Efendi meninjau langsung lokasi bencana dan penanganan korban cedera, korban pengungsi rentan (perempuan, anak, lanjut usia (lansia), disabilitas, dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok pengungsi, Kamis (03/03/2022).

Kunjungan Menko PMK Muhadjir Efendi ke Pasaman Barat diawali dengan kunjungan beliau ke Jorong Pasa Lamo Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, disana beliau meninjau masjid dan rumah warga yang hancur akibat gempa bumi, setelah itu Muhadjir Efendi bergeser ke Nagari Kampung Tangah yang juga merupakan daerah yang cukup parah terdampak gempa bumi.

Kemudian rombongan Menteri berpindah melihat situasi keadaan pengungsi yang berada di posko MAN 4 Jorong Limpato Nagari Kajai Kecamatan Talamau, disana Menko PMK beserta rombongan memberikan bantuan kepada para pengungsi gempa bumi, setelah itu rombongan meninjau posko pengungsi di SMP Al-Azhar yang berada di Jorong Sukomenanti Nagari Aua Kuniang. 

Setelah meninjau keadaan pengungsi di SMP AL-Azhar, rombongan bertolak ke kantor Bupati dalam rangka rapat koordinasi terkait penanganan pengungsi korban gempa bumi dan dilanjutkan dengan press release dengan awak media.

Sebelum meninggalkan Kabupaten Pasaman Barat, Menko PMK menyempatkan diri mengunjungi camp pengungsi yang berada di halaman kantor Bupati Pasaman Barat, disana Menko PMK berinteraksi serta menghibur anak-anak yang menjadi korban gempa bumi.

Selain Kapolres Pasaman Barat, Menko PMK Muhadjir Efendi juga didampingi oleh Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, S.Ag, Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto serta Dandim 0305/Pasaman Letkol Hery Bakty.

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: