Jakarta, SindoNews.id - Cabang Olahraga (cabor) Taekwondo menyumbang tiga medali perunggu pada ajang SEA Games Vietnam 2021, pada Senin (16/5/2022).

Tiga medali tersebut didapat dari nomor Poomsae beregu putra, Poomsae perorangan putra dan Poomsae perorangan putri.

Berlaga di Tay Ho Gymnasium, Defia Rosmaniar sukses meraih medali perunggu dari nomor Poomsae perorangan putri dengan torehan 7.549 poin. 

Terdapat juga wakil Thailand, Ornawee Srisahakit, yang mendapatkan perunggu dengan 7.482 poin.

Sementara, untuk medali emas direbut oleh wakil Filipina, Jocellyn Ninobla Ortiz dengan poin 7.765. 

Untuk medali perak diraih Tran Kim Uyen Le yang merupakan wakil Vietnam, dengan koleksi 7.649.

Sebelumnya, Muhammad Alfi Kusuma yang turun di nomor Poomsae perorangan putra tampil cukup apik. Dia sukses menyabet medali perunggu untuk Indonesia dengan catatan poin sebanyak 7.566.

Poin yang dimiliki Alfi sama seperti wakil Thailand yakni Sippakorn Wetchakorpatiwong, sehingga keduanya yang meraih medali perunggu. 

Adapun untuk kampiun di nomor ini diraih wakil Vietnam, Quoc Viet Pham, dengan 8.049 poin.

Selain di nomor Poomsae perorangan putra. Alfi juga tampil kembali. Kali ini bersama Muhammad Rizal dan Muhammad Hafizh Fachrur Rhozy di nomor beregu putra.

Tiga atlet tanah air tersebut berhasil merebut medali perunggu setelah meraih nilai sebesar 7.466 poin. 

"Alhamdulillah tadi bermain di dua nomor, yaitu individu dan beregu. Kami sudah melakukan yang terbaik, inilah hasilnya harus disyukuri. Meski orang-orang bilang (taekwondo poomsae) subjektif, tetapi bagi saya kalau kalah tetap kalah sehingga saya harus meningkatkan kemampuan saya," kata Alfi selepas pertandingan.

Medali perunggu juga didapat Singapura dengan torehan 7.349 poin. Kemudian medali emas di nomor Poomsae beregu putra didapat Vietnam yang mendulang poin sebanyak 7.782.

Kabid Binpres Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Yefi Triaji melalui saluran telepon mengatakan, pertandingan poomsae hari ini anak-anak sudah tampil maksimal. 

"Mereka hampir semua bermain lepas, namun tuan rumah memang lebih siap dari kita," ujar Yefi.

Pertandingan taekwondo akan dilanjutkan dengan kategori  kyorugi (tarung) pada 17-19 Mei 2022.

Ketua umum PBTI, Letjen TNI (Purn) Thamrin Marzuki yang memberikan support langsung di stadion mengatakan bahwa para atlet sudah tampil maksimal dan berhasil menyumbangkan 3 medali perunggu untuk hari pertama.

"Mudah-mudahan hari berikutnya para atlet kyorugi kita bisa menjadi yang terbaik," pungkasnya. (Lk)

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: