Jakarta, SindoNews.idDandim 0503 Jakarta Barat, Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa menyempatkan diri mengunjungi kampung Pancasila di sekretariat RW 012, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (1/6/2022).

Dalam kunjungannya, tepat dihari lahirnya Pancsila, Dandim mengatakan, Pancasila merupakan dasar dan identitas hidup dan karakter bangsa Indonesia yang bermoral, memiliki semangat juang dalam upaya mencapai cita-cita bangsa yang kuat, untuk dapat hidup berdampingan damai dengan bangsa lain.

“Bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, maka tentunya kita berharap dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Bagaimana generasi muda bisa lebih memahami kemudian dapat mengamalkannya di kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Dandim, saat ditemui di Sekretariat RW 012, Kelurahan Semanan, Rabu (1/6/2022).

Ia mengajak anak-anak di RW 012 berkreativitas mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, sehingga bisa menjadi tauladan untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara anak-anak generasi muda. 

Sementara itu, Ketua RW 012 Horianto Utomo menyambut baik kedatangan Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa yang memberikan sosialisasi dan bimbingan khusus terkait nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. 

"Nilai Pancasila dan wawasan Kebangsaan semua masyarakat Indonesia itu harus mengimplementasikannya, karena kita sudah sepakat, NKRI adalah harga mati," ucap pria yang akrab disapa Ahok ini di momen hari lahir Pancasila.

Ahok memaparkan, adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. 

Menurutnya, masyarakat harus mengingat proses besar pembentukan falsafah dan dasar negara. Pancasila merupakan berkah yang Indonesia miliki di tengah keragaman dan kekayaan suku, budaya, dan agama.

“Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan,” sebut dia.

Pancasila menurutnya sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Pancasila terus bertahan di tengah arus ideologi lain yang hendak mengubah dasar negara Indonesia. Maka dari itu nilai-nilai Pancasila akan terus diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Ahok juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, para pemuka agama, tokoh agama dan lainnya agar pengamalan Pancasila benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengukuhkan derap semangat untuk menjadikan Indonesia yang maju dan jaya.

"Pancasila adalah dasar NKRI, semua masyarakat wajib mengetahui dan sadar akan hal ini," tegasnya.

Sementara di hari lahirnya Pancasila ini juga diadakan kegiatan bagi anak-anak sekolah di antaranya lomba lukis, lomba futsal, pengamalan butir-butir Pancasila mulai Sila 1 sampai 5 serta tanya jawaban soal tentang Pancasila. *Red/la

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: