Jakarta, SindoNews.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menghimbau kepada masyarakat untuk mengurus sendiri permohonan terkait pertanahan, tanpa harus menggunakan jasa calo.

Hal tersebut disampaikan Hadi, agar persoalan mafia tanah di Indonesia bisa segera diberantas.

“Ya, saya sudah memberi arahan kepada Kepala Kantor Pertanahan agar menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang ingin mengurus permohonannya sendiri serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu,” ujarnya Hadi, saat berkunjung ke Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, dikutip dari hantaran.co. Minggu (3/7/2022).

Hadi juga meminta seluruh Kantor BPN agar buka setiap Sabtu dan Minggu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan demikian kata Hadi, bagi masyarakat yang memiliki kesibukan dalam mengurus berkas pertanahan, bisa diurus sendiri permohonannya pada akhir pekan.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga meninjau inovasi layanan pertanahan yang dinamakan Loket Lantum (Layanan Tujuh Menit).

Ia juga mengapresiasi layanan tersebut lantaran proses pelayanan yang cepat serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk datang sendiri ke Kantor Pertanahan (Kantah).

Hadi juga menginstruksikan kepada jajaran di Kantor Pertanahan se-Indonesia agar mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), mengingat PTSL menjadi Program Prioritas Nasional (PSN) yang dapat mewujudkan seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dan terpetakan. *Red


Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: