Surabaya, SindoNews.id - Sebanyak 44 Sentra Wisata Kuliner (SWK) yang tersebar di seluruh Kota Surabaya di bawah pengelolaan Dinas Koperasi, Perdagangan dan Usaha Mikro (Dinkopdagum) berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kota Pahlawan.

Untuk itu, Wakil Walikota (Wawali) Surabaya Armuji mendorong agar dapat dilakukan langkah efektif untuk revitalisasi agar bisa menjadi jujugan wisata kuliner di Surabaya.

Cak Ji, sapaan akrabnya mendorong setiap SWK menonjolkan ciri khasnya. Ia mencontohkan di SWK Taman Bungkul dengan keunikan menu rawonnya.

"Apabila perlu juga pada setiap momen disajikan pertunjukan seni dan budaya dan memanfaatkan ruang-ruang sebagai sarana pertemuan warga atau kegiatan lainnya,” kata Armuji dikutip Sabtu (13/8/2022). Sehingga setiap SWK memiliki brand-nya tersendiri.

Contoh sederhana lainnya, jika ada penjual soto maka ciri khas dari warung tersebut haruslah gerobak soto, begitu pula jika ada penjual sate juga harus istimewa sehingga ada unsur yang menarik.

“Bisa dilihat SWK yang ramai , itu bisa dijadikan contoh untuk di replikasi ke SWK yang sepi . Apa-apa yang kurang bisa diinventarisir,” imbuhnya.

Selain itu Dinkopdagum diminta lebih progresif dalam melakukan fasilitasi membangun jaringan perdagangan antara penjual , pelanggan dan distributor.

"Kalau ingin maju ya kita harus menyesuaikan kebutuhan zaman, tempat di SWK juga cukup representatif . Anak-anak muda bisa menggunakannya untuk sarana kreasi dan tempat bekerja, tinggal kita menyediakan apa kebutuhannya,” pungkas politisi senior PDI Perjuangan tersebut. 

x

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: