Mojokerto, SindoNews.id - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Jumat (16/12).

BLT DBHCHT kali ini untuk penanganan stunting yang ditujukan kepada masyarakat Kecamatan Jatirejo, Trowulan, Sooko. 

Penyerahan kali ini berlangsung di Pendopo Kecamatan Jatirejo. Sedikitnya 23 penerima asal Kecamatan Trowulan, 11 penerima asal Kecamatan Jatirejo dan dua penerima dari Kecamatan Sooko. 

Dalam sambutan arahannya, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan, masing-masing penerima kali ini menerima BLT senilai Rp 2.100.000.

Bupati Ikfina juga memberikan edukasi terkait pencegahan dan penanganan stunting kepada penerima bantuan.

"Bantuan ini sangat spesial atau khusus, yaitu khusus kepada orang tua yang mempunyai balita yang harus 'digemukan'. Bantuan yang diberikan senilai Rp. 2.100.000 tolong dihitung dan pastikan pas tidak ada kekurangan dan bantuan ini untuk pemenuhan gizi anak-anak anda," katanya. 

Ikfina juga menjelaskan, yang menjadi indikator perhitungan anak cukup gizi adalah berat badannya. Sehingga, dipastikan kepada orang tua untuk memberikan makanan dengan jumlah yang cukup. 

"Untuk mendapatkan gizi yang cukup, pertama yang perlu diperhatikan adalah makanan. Orang tua harus memperhatikan jumlah makanan yang diberikan kepada anak. Beri makanan yang cukup, anak setidaknya harus makan makanan wajib tiga kali sehari dan dua kali makanan selingan (snack)," ujarnya. 

Selain itu, Bupati Ikfina menyampaikan anak usia 0-6 tahun adalah masa perkembangan otak. Sehingga, orang tua bisa memperhatikan kebutuhan anak diusia ini. 

"Selain makanan, orang tua juga harus memberikan stimulasi seperti anak tidak bentak, anak tidak dan anak tidak dibandingkan. Intinya, anak harus bahagia. Karena dengan itu, perkembangan anak menjadi lebih baik. Sehingga, ketika anak masuk di duna sekolah dasar, anak bisa mengikuti fase-fase selanjutnya," tukasnya.

Penyerahan BLT DBHCHT kali ini, Bupati Mojokerto didampingi oleh Camat Jatirejo, Camat Trowulan, Camat Sooko serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto. (Redho)

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: