Jayapura, SindoNews.id - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (21/3/2023). Bangunan tersebut merupakan bentuk inisiasi pemuda Papua yang bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) guna melahirkan talenta muda dari Indonesia Timur.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengaku bangga karena permintaan generasi muda Papua untuk memiliki ruang pengembangan diri dan kreativitas telah terwujud dalam PYCH. Bahkan, Presiden RI itu menginstruksikan agar fasilitas sejenis dapat dibangun di daerah lainnya. 

"Ini di Indonesia yang pertama di Papua, saya minta agar juga dibangun di NTT, di Papua Barat, kemudian di Maluku dan Aceh mulai tahun ini, sehingga selesainya tahun depan dengan meniru semua yang ada di sini, ini sudah sangat bagus sekali," ujar Presiden.

Tidak hanya itu, Kepala Negara turut mengapresiasi pameran beragam produk generasi muda Papua yang bernaung dalam PYCH. Sejumlah produk itu antara lain handphone, laptop, podcast, studio musik, hingga  fotografi. 

"Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak muda di Provinsi lain ketinggalan dengan anak muda di Papua," imbuh Presiden 

Selanjutnya, Presiden Jokowi menegaskan jika pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawasentris, tetapi Indonesiasentris. Dan Tanah Papua menjadi prioritas dari pembangunan yang dilakukan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D.menyatakan bahwa Papua memiliki tempat khusus di hati Presiden Jokowi. Karena itu, melalui momentum peresmian PYCH ini diharapkan dapat menjadi warisan bernilai dari Presiden.

"Melalui peresmian PYCH akan menjadi Legacy Tinta Emas Presiden di Papua," ujar Kepala BIN

Kepala BIN melanjutkan bahwa pembangunan PYCH merupakan komitmen untuk membangun pusat talenta Papua sebagai motor Penggerak Ekonomi dan Kesejahteraan Papua. Gagasan tersebut berasal dari 23 orang pemuda pemudi Papua saat bertemu Presiden Jokowi pada tahun 2019 silam.

Untuk itu, peresmian Gedung PYCH  diharapkan dapat menjadi tonggak Pemuda Papua untuk menciptakan lapangan pekerjaan, pengembangan bisnis, dan ekonomi serta seni budaya.

Dalam momentum peresmian, Presiden turut didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menparekraf Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan sejumlah tokoh penting nasional serta daerah lainnya. Rill/RED

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: