Jakarta, SindoNews.id - Sebagai bentuk keseriusan pemerintah terhadap pembangunan Papua, Jokowi telah meresmikan PYCH yang jadi wadah pengembangan generasi muda di Papua. 

Billy Mambrasar yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Presiden RI bidang Pendidikan dan Inovasi mengatakan, sekitar tahun 2019 melakukan audiensi bersama Bapak Budi Gunawan (red-Kepala BIN) yang akhirnya menjadikan dirinya sebagai Founder atau pendiri Papua Youth Creative Hub bersama dengan 22 pemuda/pemudi Papua terpilih lainnya. 

Dari aspirasi yang telah disampaikan kemudian dihubungkan kepada Presiden dengan difasilitasi diskusinya oleh Bapak Budi Gunawan bersama dengan Presiden yang berlangsung di Istana. 

Dari diskusi tersebut, 23 orang pemuda/i Papua memberikan narasi pembangunan baru Tanah Papua di Indonesia, dengan narasi “Membangun Indonesia dari Tanah Papua. Papua Hebat, Torang Maju”.

“Saat Oktober 2019 bertepatan dengan Sumpah Pemuda, datanglah Presiden Joko Widodo ke Tanah Papua dan meluncurkan adanya pembangunan Papua Youth Creative Hub di Jembatan Merah Putih di Teluk Youtefa Jayapura dan terus dipantau kemudian pembangunannya direncanakan berjalan bersama dengan Dirjen Kementerian PUPR,” ungkap Billy Mambrasar melalui keterangannya, Minggu (16/4).

Pada Tahun 2021, dilakukanlah peletakan batu pertama setelah dirancang selama 2 tahun yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Kepala BIN, Ketua MPR RI, dan beberapa Menteri dari K/L, serta kepala Daerah. 

“Peletakan batu pertama ini dilakukan menjadi terobosan untuk pembangunan Papua yang positif ke depannya. Dari 2021 hingga awal 2023, terbangunlah fasilitas yang megah ini dan telah terbina kurang lebih 12.800 pemuda/pemudi Papua dalam bidang – bidang pembangunan utama/ prioritas Tanah papua” terangnya.

Anak – anak muda Papua dilatih, diberikan fasilitas, diberikan permodalan, dengan difasilitasi oleh BIN dan bermitra dengan K/L terkait lainnya untuk memampukan 12.800 anak muda Papua berusaha berdiri diatas kaki sendiri dan membawa narasi bahwa pembangunan Papua yang positif perlu dengan perdamaian. 

Pembangunan ini merupakan narasi yang positif yang terus akan terjadi ke depannya menuju kepada Papua Baru, menuju kepada Indonesia Baru. 

“Saya mengucapkan terima kasih, terutama kepada Presiden Joko Widodo, terima kasih telah memberikan kami anak – anak muda harapan bahwa ke depannya Papua Youth Creative Hub ini akan menjadi tonggak sejarah pembangunan Papua yang berbeda dari sebelumnya, dimana kami secara sejajar dapat bersama – sama membangun Indonesia dari Tanah Papua dengan pemuda/pemudi lain dari seluruh Indonesia,” ungkapnya. 

Selain itu, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Prof. Budi Gunawan (red-Kepala BIN) atas fasilitasi, bimbingan dan dampingan yang terjadi hingga bisa sampai di titik ini.

Selain itu juga berterima kasih Kepada seluruh K/L terkait yang telah mendukung, khususnya Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya yang ikut membangun fasilitas ini dari nol hingga terbangun dengan megah, dan juga pemerintah daerah juga dalam beberapa event ikut terlibat. 

“Ke depannya, kami anak – anak Papua yang bergabung dalam Papua Youth Creative Hub dalam pergerakan Papua Muda Inspiratif ini bersiap menyongsong pembangunan Indonesia Maju, pembangunan Indonesia Hakiki menuju Indonesia Maju dengan narasi ikut membangun Indonesia dari tanah Papua. Papua Maju, Torang Hebat!,” tutupnya. (Red).

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: