Managgarai Barat, SindoNews.id - KTT ASEAN pada 9-11 Mei ini, turut mendapatkan dukungan dari segenap elemen masyarakat, termasuk warga di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal tersebut dikatakan Wakil Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng. Salah satu upaya dalam menyukseskan pelaksanaan KTT ASEAN adalah dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing-masing.

“Masyarakat bersama-sama berupaya untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo,” kata Yulianus.

Menurutnya, terdapat banyak dampak positif di sektor ekonomi dan pariwisata, apalagi jika tamu betah tinggal di Labuan Bajo adalah akan ada nilai ekonomi. 

Selain menjaga keamanan dan ketertiban serta kebersihan lingkungan, kepada masyarakat Wabup Weng juga menghimbau untuk mengedepankan keramahan dalam menyambut setiap tamu yang datang.

Pada kesempatan yang berbeda, Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) Gadi Buli mengajak seluruh warga Provinsi NTT untuk mendukung penuh pelaksanaan KTT ASEAN Summit.

 “Kami mendoakan dan berharap pelaksanaan ASEAN Summit berjalan dengan baik dan juga berdampak positif bagi masyarakat NTT,” ujar Gadi.

Untuk diketahui, sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-42 ini, Indonesia mengusung tema besar ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, artinya bagaimana Indonesia dengan keketuaannya tetap menjadikan ASEAN itu relevan dan penting bagi rakyat Indonesia dan bagi rakyat ASEAN. 

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan, tema dari ASEAN 2023 tema tersebut terdiri dari dua elemen besar yaitu ASEAN Matters dan Epicentrum of Growth.

"Elemen pertama adalah ASEAN Matters. Bagaimana Indonesia dengan keketuaannya tetap menjadikan ASEAN itu relevan dan penting tidak saja bagi rakyat Indonesia, tetapi juga bagi rakyat ASEAN dan beyond. Jadi beyond-nya itu ada, di luar ASEAN," ungkap Retno kepada media.

Elemen kedua, lanjut Retno, ASEAN sebagai pusat pertumbuhan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN selalu bertumbuh lebih tinggi dibandingkan negara lain di luar ASEAN.

Indonesia memang sudah mendapat banyak kepercayaan dari dunia internasional dalam menyelenggarakan event-event berstandar global. RED

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: