Jambi, Sindonews.id - Tiga nama digadangkan bakal maju di Pilgub Jambi 2024.

Tiga nama itu ialah petahana Gubernur Jambi Al Haris, Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto.

Pilgub Jambi 2024 akan digelar pada 27 November 2024, setelah Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024 (Pilpres) dan Pemilihan umum legislatif Indonesia 2024 (Pileg).

Pilgub Jambi akan digelar bersamaan dengan seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Hasil Survei Elektabilitas Lembaga survei Sigma Idea Indonesia merilis hasil survei terkait dengan elektabilitas kandidat bakal calon gubernur untuk Pilgub Jambi 2024, Jumat (28/7/2023).

Dari hasil survei ini, Gubernur Jambi, Al Haris berada di posisi puncak dengan 23,6 persen.

Sementara posisi ketiga ditempati oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha dengan 13,5 persen.

Sedangkan untuk tingkat popularitas, posisi Al Haris berada di angka 93.1 persen, kedua Syarif Fasha 68,7 persen dan Romi Haryanto 55,60 persen.

Dalam Survei ini, Agung Hidayat, Direktur Operasional Sigma Idea Indonesia mengatakan bahwa terdapat kandidat yang memiliki perbedaan yang signifikan antara popularitas dan elektabilitas.

Ia mengatakan hal itu cukup berpengaruh dalam pemilihan Gubernur Jambi mendatang.

"Ada petahana Al Haris, memiliki jarak yang sangat dalam antara popularitas dan elektabilitas. Ini berbeda dengan Romi yang masih memiliki banyak ruang dengan catatan harus mempu meningkatkan popularitas sampai diatas 90 persen," ungkapnya.

Survei ini dilakukan pada 28 Juni hingga 20 Juli 2023.

Survei ini menggunakan sistem multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan Margin of Error 2,9 persen. Rill/Red

x

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: