Tanjabtim, SindoNews.id - Tahun 2023, Desa Kota Harapan Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur mendapatkan bantuan pembangunan tanggul sepanjang 40 KM dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang dilaksanakan oleh Kawat Emas dengan kontrak Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I.R Lambur Luar.

Pembangunan tanggul ini dari dulu sangat didambakan - dambakan oleh masyarakat desa kota harapan. Sebelumnya dulu ditahun 2020, memang sudah mendapatkan bantuan tanggul dari Pemkab Tanjab Timur. Namun skalanya hanya sedikit kurang lebih hanya 6 KM.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Muhammad Tandri selaku Kepala Desa Kota Harapan Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur saat dikonfirmasi  di kediamannya.

"Saya selaku Kepala Desa mewakili masyarakat Desa Kota Harapan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Tanjung Jabung Timur yang telah memberikan bantuan berupa pembangunan tanggul sepanjang 40 KM. Harapan kami disini, pembangunan tanggul ini dapat menaikkan hasil atau produksi pertanian maupun perkebunan kami berupa kelapa dalam, pinang, maupun padi," ungkap Kades Tandri.

Setiap tahun, menurutnya, pembangunan tanggul ini sudah sejak dulu selalu menjadi skala prioritas dalam usulan di setiap musrenbang, mulai dari Musdus, Musdes, Musrenbang Kecamatan hingga Musrenbang Kabupaten.

"Selalu pembangunan tanggul yang paling kami sampaikan diurutkan pertama. Alhamdullilah apa yang kami perjuangkan selama ini terealisasi ditahun 2023 walaupun hanya sampai 40 KM, kami sangat bersyukur sekali. Dimana sebenarnya kami memiliki aliran sungai sepanjang 100 KM. Kami juga mengakui keterbatasan anggaran dari Pemkab Tanjab Timur yang harus berbagi dengan wilayah lain yang sangat membutuhkan juga," ucap Kades Tandri.

Pembangunan tanggul ini kan sebenarnya berkala setiap 3 tahun sekali harus direhab atau diperbaiki. Karena faktor alam yang mana terjadi penyusutan. 

"Selama ini masyarakat melakukan swadaya. Namun kasihan masyarakat harus merogoh koceknya dalam - dalam untuk swadaya membangun tanggul untuk perkebunan mereka. Tapi dengan adanya bantuan pembangunan tanggul ditahun ini, masyarakat dapat tersenyum manis menerimanya," ujar Kades Tandri.

"Harapan saya bersama masyarakat ke depannya, Pemkab Tanjab Timur terus memberikan bantuan kami berupa pembangunan tanggul lagi lah di Desa kami ni," pinta Kades Tandri. (RI)

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: