Jakarta, SindoNews.id - Memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia, Dewan Pimpinan Cabang  Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia Kota Administrasi Jakarta Barat (DPC IPJI Jakarta Barat) bersama Karang Taruna (Katar) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kelurahan Pekojan, menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar.

Dengan tema "Membentuk Generasi Jurnalis Anti Hoax" yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Pekojan Kecamatan Tambora Jakarta Barat, Senin (21/8/2023). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPW IPJI Provinsi DKI Jakarta Heri Soelaiman, S.H., Dewan Pembina Katar Jakarta Barat H. Abdul Azis Muslim, S.H., Lurah Pekojan Syaiful Fuad Rohadi, Kasie Komunikasi dan Informasi Publik Sudin Kominfotik Jakarta Barat Menta Basita Bangun.

Sebagai narasumber hadir Pemimpin Redaksi Media detikline.com Lala Komalawati dengan mengangkat tema "Tata Cara Peliputan dan Penulisan Artikel".

Dalam arahannya, Lala mengatakan, seorang wartawan  dalam menulis dituntut untuk memenuhi unsur-unsur 5W+1H. 

"Dan harus memegang teguh kode etik jurnalistik, sehingga setiap pemberitaan dapat dipertanggungjawabkan," tegas Lala.

Sementra M. Helmi Romdhoni selaku Ketua Kelompok Kerja Wartawan Kota Tua Jakarta di Sesi I mengangkat topik "Pengenalan Dunia Jurnalistik".

Untuk tema "Pemahaman UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik" yang disajikan oleh Juriska Fratiwi, S.H. adalah sebagai Pengamat Publik.

Sesi tanya jawab menjadi kegiatan yang menarik karena antusias peserta dalam menyampaikan pertanyaan kepada para nara sumber yang ditutup dengan kegiatan uji materi atas kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar tersebut. 

Sesi foto bersama menjadi pamungkas acara sebagai bukti sejarah di Kelurahan Pekojan ada Ilmu Jurnalistik diajarkan kepada generasi penerus bangsa yang akan melakukan pemberitaan atau kegiatan jurnalistik untuk menghindari berita hoax. *Rill

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: