Jakarta, SindoNews.id - Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Forum Silaturahmi Masjid Musholah (Formas) RW 10 Kelurahan Semanan , Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat menggelar kegiatan pawai obor keliling, Sabtu (9/3/2024) malam.

Kegiatan yang dimeriahkan oleh ratusan masyarakat ini merupakan hasil kerjasama pengurus RW, RT LMK dengan Karang Taruna unit RW 10 setempat.

Ketua Panitia Pelaksana Pawai Obor FORMAS RW 10, Uci Sanusih mengatakan pawai obor ini merupakan kegiatan tahunan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Kegiatan pawai obor yang diikuti ratusan masyarakat ini merupakan tradisi yang rutin dilakukan tiap tahun,” katanya.

Uci menyebut antusias masyarakat untuk memeriahkan acara tersebut sangat tinggi.

Mereka tergabung dalam berbagai komunitas, pelajar, dan organisasi kemasyarakatan, remaja masjid, Paguyuban dan Karang Taruna RW 10 

"Dengan kekompakan dan semangat, diharapkan gotong royong tetap terjaga dilingkungan RW 10 Semanan, sehingga kegiatan adat seperti itu dapat terus diselenggarakan," ucapnya.

Seluruh peserta dipusatkan diwilayah RW 10 tembok Bolong. Setiap peserta diminta untuk menggunakan pakaian muslim dan membawa masing-masing 1 obor.

Nampak ratusan orang anak-anak, remaja, dan  orang dewasa bersiap dalam barisan menggenggam obor.

Mereka berkeliling diiringi dengan alat musik rebana atau gendang dengan melantunkan sholawat nabi dan puji-pujian kepada Allah SWT.

"Kita akan tetap terus melestarikan adat budaya yang sudah ada di kampung kita, tanpa regenerasi yang kompak dan antusias kegiatan kita akan memenghilang," kata Uci. Rill/Ivan 

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: