Wartawan : Roni Pasrah

Pasaman Barat, SindoNews.id - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Decky H. Syahputra, SH mengukuhkan Desa Wisata Nagari Sunuruik di Jorong Benteng Kecamatan Talamau, Selasa (22/2/2022).

Sejumlah potensi wisata yang ada di Nagari Sinuruik yang dikukuhkan menjadi Desa wisata adalah wisata alam seperti wisata Gunung Talamau dan Air Terjun, Air Panas, Puncak Gelanggang, Tonang Udang dan View Persawahan
Sedangkan wisata budaya seperti Rumah Usang, dan histori atau sejarah Nagari Sinuruik yang masih melekat di kalangan masyarakat.

Kepala Dinas Decky H Syahputra mengatakan, Desa wisata adalah Sesa atau Nagari yang dijadikan tempat wisata karena memiliki daya tarik yang luar biasa yang dimiliki oleh Nagari Sinuruik. 

"Desa Wisata Sinuruik merupakan suatu bentuk integrasi keindahan alam, akomodasi dan tentu masih dibutuhkan pengembangan fasilitas pendukung untuk disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku," ujarnya.

Desa wisata Sinuruik memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik. Di antaranya wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia dalam satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. 

Sekretaris Nagari Sinuruik Dasril B mengatakan, pada tahun 2022, Nagari Sinuruik merupakan salah satu dari 19 Nagari yang masuk dalam rencana pengembangan Kawasan Wisata Kabupaten Pasaman Barat. 

"Pemerintahan Nagari Sinuruik menyambut baik dengan membuat perencanaan yang bersinergi dengan perencanaan Dinas Pariwisata," ucap dia.

Dia juga menyebutkan, Nagari Sinuruik memiliki potensi alam nan indah, udara yg sejuk serta budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Kemudian didukung fakta bahwa 10 Desa terbaik dari 78 ribu Desa se-Indonesia itu bermain di sektor pariwisata, membuat kita yakin Nagari Sinuruik siap untuk menjadi Desa/Nagari Wisata, di Kabupaten Pasaman Barat.

"Melalui Desa Wisata ini, bukan hanya pemerintah Nagari saja tapi masyarakat se-Nagari Sinuruik, "Sadonciang bak bosi saciok bak ayam" siap mendukung dan berkontribusi menjadi bagian dari Sinuruik Nagari Wisata," tegas Dasril.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasaman Barat H Baharudin R, siap mendukung dan mewujudkan Sinuruik ikonnya pariwisata di Pasaman Barat.

"Kami dari DPRD siap menganggarkan dana untuk pariwisata di Pasaman Barat, agar pariwisata dapat dilirik oleh wisatawan mancanegara dan lokal," ucap mantan Bupati Pasbar itu.

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: